PENGERTIAN SENAM DAN JENIS-JENIS SENAM LANTAI

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk present day dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.

Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat wellness, di exercise center maupun di sekolah.Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah.

Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll. Biasanya di sekolah dasar, master mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka. Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri.

Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani.Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani seperti kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh. Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasan keterampilan teknik suatu cabang olah raga. Pengertian senam begitu luas cakupannya yang meliputi berbagai karakteristik geraknya.

Rol depan

Guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk,punggung,pinggang,dan panggul bagian belakang). Latian guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara,yaitu : guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri.

Caramelakukannyasebagaiberikut:

a. Sikap permulaan jongkok,kedua tangan menumpu pada matras selebar bahu.

b. Kedua kaki diluruskan, siku tangan ditekuk, kepala dilipat sampai dagu menyentuh dada.

c. Mengguling ke depan dengan mendaratkan tengkuk terlebih dahulu dan kedua kaki di

lipat rapat pada dada.

d. Kedua tangan melemaskan tumpuan dari matras, pegang mata kaki dan berusaha bangun.

e. Kembali berusaha bangun.

Rol Belakang

Guling ke belakang adalah menggulingka badan ke belakang ,dimana posisi badan tetap harus membulat,yaitu kaki dilipat,lutut tetap melekat di dada,kepala ditundukan sampai dagu melekat di dada.

Cara melakukan guling ke belakang :

a. Sikap permulaan dalam posisi jongkok,kedua tangan di depan dan kaki sedikit rapat

b. Kepala ditundukan kemudian kaki menolak ke belakang

c. Pada saat panggul mengenai matras,kedua tangan segera dilipat ke samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk siap menolak

d. Kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala,dengan dibantu oleh kedua tangan menolak kuat dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di atas matras,ke sikap jongkok

Lompat Harimah

a) Sikap awal:

· berdiri tegak kemudian mengambil sikap siap berlari dengan kecepatan tertentu.

· jarak pengambilan awalan bisa bervariasi beberapa langkah atau banyak langkah tergantung ketinggian penanda yang ada.

b) Rangkaian loncat harimau dan berguling ke depan:

· Mengambil posisi berdiri tegak kemudian berlari cepat.

· Setelah mendekati penanda segera melakukan tolakan dengan menumpu pada kedua kaki.

· Badan terangkat keatas atau meloncat melewati penanda yang ada, setelah melewati penanda tangan bersiap-siap untuk menumpu pada matras diikuti tengkuk kemudian punggung yang menyentuh matras dilanjutkan dengan gerakan guling ke depan.

c) Sikap akhir

· Melakukan guling depan sampai 2 atau 3 kali,kemudian kembali ke posisi jongkok,

· Kedua kaki menapak sempurna, tangan lurus kedepan badan tidak terjatuh ke samping kanan atau ke samping kiri, kemudian berdiri tegak,kembali ke sikap.

Berdiri dengan Kepala (Headstand)

Headstand adalah posisi keseimbangan yang memanfaatkan kekuatan kedua lengan dan kepala (otot leher) sebagai titik tumpunya. Posisi ini diawali dari posisi jongkok dan menempatkan ujung kepala dan kedua telapak tangan di lantai. Ketika titik tumpu (kepala dan kedua lengan) sudah siap, pelan-pelan titik berat badan dipindahkan ke titik tumpu dan secara perlahan mengangkat kedua kaki yang dibengkokkan ke atas, sehingga panggul dan kedua kaki berada di atas kepala. Kemudian, secara perlahan pula, luruskan kedua kaki hingga terbentuk posisi badan dan kaki lurus membentuk satu garis

Berdiri dengan kepala adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan.

Ø Sikap permulaan membungkuk bertumpu pada dahi dan tangan. Dahi dan tangan membentuk segitiga sama sisi.

Ø Angkat tungkai ke atas satu per satu bersamaan. Untuk menjaga agar badan tidak mengguling ke depan, panggul ke depan, dan punggung membusur.

Ø Berakhir pada sikap badan tegak, dan tungkai rapat lurus ke atas.

Berdiri Atas Tangan (Handstand)

Hands stand adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kedua tangan ,kedua kaki rapat dan lurus ke atas .suatu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan hands stand adalah harus di lakukan di atas landasan atau oh dear yang keras (misal lantai).karena akan memudahkan dalam bertumpu,jika dibandingkan melakukannya di atas tsk-tsk yang lunak (misal kasur).

Cara melakukan gerakan handstand yaitu:

Ø Berdiri tegak kaki diceraikan ke muka dan belakang.

Ø Bungkukkan badan, tangan menumpu selebar bahu, lengan lurus, pandangan agak ke depan, pantat diangkat setinggi-tinginya, tungkai ke depan bengkok, sedang tungkai belakang lurus.

Ø Ayunkan tungkai belakang ke atas diikuti tungkai yang lain.

Ø Kedua tungkai rapat tribe lurus, membentuk satu garis dengan badan dan lengan.

Ø Pertahankan keseimbangan.

MERODA

Sikap permulaanBagi yang baru belajar, berdiri menyampingi arah gerakan, kedua kaki dibuka lebar, kedua lengan lurus ke atas di samping kepala serong ke samping dan telapak tangan menghadap ke atas

Cara melakukan gerakan handstand yaitu:

· Awali dengan sikap siap melakukan dengan mengakat salah satu tangan

· Bertumpu tangan, mencoba melewatkan kedua kaki secara bergantian

· Seperti di atas, benda yang dilewati harus lebih tinggi.

· kemudian turunkan kaki satu persatu dengan kaki terbuka lebar

· dan akhir dengan sikap sempuran dengan kedua tanggan di angakat.

ROUND OFF

Bagi yang baru belajar, berdiri tegak, kedua kaki rapat, kedua lengan di samping badan.

Cara melakukan gerakan round off

a. Ayunkan kedua lengan keatas sejajar bahu lurus kedepan serong ke atas.

b Sambil mengangkat dan melangkahkan kaki ke kiri ke depan, badan putar kesamping kiri.

c. Bersamaan dengan meletakkan kedua telapak tangan pada matras sejajar bahu, lemparkan kaki kanan lurus ke atas, kemudian diikuti kaki kiri hingga pada posisi handstand.

d. Lemparkan kedua kaki sejauh mungkin.

e. Mendarat pada kedua kaki dan badan menghadap ke tempat semula.

Loncat Kangkang

Loncat kangkang adalah gerakan melompati suatu alat dengan cara bertumpu pada alat tersebut. Dalam latihan gerakan ini dapat dilakukan pada peti lompat atau pada teman yang membungkuk.

Cara melakukan loncat kangkang:

Ø Awalan lari cepat badan condong ke depan.

Ø Kedua kaki menolak pada papan tolak sekuat-kuatnya disertai ayunan dari belakang bawah ke depan. Badan lurus, tungkai dipisahkan.

Ø Saat tangan menyentuh pada bagian pangkal kuda-kuda segera menolak sekuat-kuatnya.

Ø Badan melayang di atas kuda-kuda sikap lurus, lengan direntangkan, tungkai lurus dipisahkan (dibuka lebar) pandangan ke depan.

Ø Mendarat dengan ujung kaki mengeper lengan direntangkan ke atas.

Lompat Jongkok

Teknik gerakannya sama dengan lompat kangkang menggunakan kuda-kuda, tetapi karena peti lompat lebih panjang maka memerlukan awalan yang lebih panjang dan tolakan yang lebih kuat lagi.

baca : Cara sikap lilin

Cara melakukan lompat jongkok:

Ø Awalan lari cepat badan condong ke depan.

Ø Kedua kaki menolak pada papan tolak sekuat-kuatnya, badan condong ke depan dan kedua tangan diayun ke depan dengan sasaran tumpuan tangan pada ujung akhir bagian peti lompat.

Ø Saat melayang badan lurus kaki rapat, kemudian dengan tangan lurus menumpu pada peti lompat.

Ø Kedua tangan menolak kuat pada peti lompat dan dibuka selebar bahu, kemudian kedua kaki ditekuk di dekatkan pada dada dan masuk di antara kedua lengan.

Ø Luruskan badan dan kedua kaki rapat,sesaat sebelum mendarat, pandangan tetap ke depan.

Ø Mendarat lunak, pertahankan keseimbangan.

KAYANG

Kayang adalah posisi kaki bertumpu dengan empat titik dalam keadaan terbalik dengan meregang dan mengangkat perut dan panggul. Nilai dari pada gerakan kayang yaitu dengan menempatkan kaki lebih tinggi memberikan tekanan pada bahu dan sedikit pada pinggang.

Manfaat dari gerakan kayang adalah untuk meningkatkan kelentukan bahu,bukan kelentukan pinggang.

Caramelakukangerakankayangsebagaiberikut.

a. Sikap permulaan berdiri, keduan tangan menumpu pada pinggul.

b. Kedua kaki ditekuk, siku tangan ditekuk, kepala di lipat ke belakang.

c. Kedua tangan diputar ke belakang sampai menyentuh matras sebagai tumpuan.

d. Posisi badan melengkung bagai busur.

 

sumber : http://jadisehat.com/cara-kayang-dan-sikap-lilin-pada-senam-lantai/

Cara Menghilangkan Kutil Dengan Bahan Alami

Kutil artinya sebuah benjolan jaringan kulit pada kulit yg  umumnya ditimbulkan sang infeksi. Penyebab asal tumbuhnya kutil ini umumnya sel kulit yang menebal karena regenerasi kulit kurang tepat serta jua infeksi berasal virus HPV. Terdapat beberapa macam kutil yang umumnya kita jumppai di orang – orang yang memiliki kutil, antara lain yaitu : kutil biasa, kutil plantar, kutil mosaic, kutil datar, dan kutil genital. Masing – masing berasal kutil tadi memiliki ciri – karakteristik yang tidak sama. Asal kutil yang awalnya hanya biasa, ternyata jua bisa menjadi kutil yg kronis. Nah, Jika sudah menjadi kronis maka ada baiknya Jika anda segera pergi ke tempat tinggal sakit atau layanan kesehatan guna berkonsultasi dengan dokter.

Buat mengatasi kutil ini umumnya memang anda disarankan buat berkonsultasi dengan dokter kulit. Tetapi ternyata, pengobatan alami jua masih bisa diandalkan buat mengatasi kutil yang belum kronis. Nah, Bila anda adalah galat satu yg mempunyai kutil pada tubuh anda, maka ada baiknya Jika anda perhatikan dahulu bahasan dibawah ini buat mengatasi kuitl anda menggunakan bahan alami yang pastinya safety. Langsung saja kita simak tips – tipsnya.

Mengobati Kuitl Secara Alami

menggunakan bawang putih serta bawang merah

ke 2 tumbuhan yang eksis dikalangan mak tempat tinggal tangga ini juga dapat diandalkan utnuk mengatasi kutil yg terdapat ditubuh anda. Baik bawang putih juga bawang merah mengandung sulfur dan jua zat pembunuh bakteri yang bermanfaat buat mengempeskan sekaligus mengatasi kutil yg sudah meradang. Buat cara menggunakannya anda hanya perlu mengiris bawang merah atau bawang putih kemudian lumatkan ( tempelkan ) di kutil anda. Supaya lebih efektif, gunakan plester Bila anda hendak menaruh irisan bawang tersebut dikutil anda.
Menggunakan aloe verrra ( pengecap buaya )

tumbuhan yg tumbuh fertile di wilayah tropis ini memang populer sekali buat bahan kosmetik serta pula kecantikan, begitu juga buat mengobati kutil yg ada ditubuh anda. Bagian asal lidah buaya yang berguna untuk menghilangkan kutil ditubuh anda adalah getahnya. Cara menggunakannya sangatlah mudah, anda hanya perlu mengoleskan getah lidah buaya pada kutil anda, lakukan hal ini secara rutin hingga kutil anda mengempes serta berangsur – angsur hilang.
Mengggunakan kentang

tanaman yang umumnya dipergunakan menjadi masker buat menghaluskan paras ini ternyata juga dapat anda gunakan sebagai obat alami buat menghilangkan kutil asal kulit anda. Caranya anda hanya perlu menghasilkan kentang ini menjadi juz. Jika sudah dibuat menjadi jus, tempelkan juz kentang tadi di kutil anda lebih kurang selama 20 mnt. Bila telah bilas sampai bersih. Lakukan tips ini secara rutin buat mendapatkan hasil yg maksimal .
Menggunakan kulit pisang

Bila anda makan pisang yang sudah matang, serta anda memiliki kutil. Maka saya sarankan buat tidak membuang kulitnya. Mengapa? Karena ternyata kulit pisang berguna buat menghilangkan kutil yang ada ditubuh anda. Cara melakukan tips inipun relatif praktis. Anda hanya perlu mengerok bagian putih yg terdapat dibagian pada kulit pisang, lalu tempelkan di kutil anda atau mampu juga anda pribadi menggosokan bagian pada kulit pisang tersebut ke kutil anda. Lakukan hal ini secara rutin untuk mandapatkan akibat yang maksimal .
Detergen serta kapur sirih

Kutil pula bisa kita hilangkan dari tubuh Jika kutil tadi panas. Namun, bukan sembarang panas, panas yg aku maksud disini merupakan panas berasal adonan detergen serta kapur sirih. Caranya siapkan detergen dan kapur sirih menggunakan perbandingan 1 : 1. Kita ambil contoh saja disini menggunakan seperempat sdt detergen dan 1/4 sdt kapur sirih. Campurkan kedua bahan tadi menggunakan air secukupnya di sebuah wadah mungil, tutup botol minuman ringan misalnya. Lalu oleskan campuran tersebut di kutil anda. Buat anda yang seringkali mencuci dengan detergen secara langsung menggunakan tangan tanpa menggunakan mesin cuci, mungkin dengan sendirinya kutil ditangan anda akan hilang.

Itulah beberapa cara alami buat menghilangkan kutil yang ada ditubuh anda. Pesan aku , lakukan setiap tips diatas dengan rutin dan tabah, sebab cara alami ini bukanlah sebuah sulap yg menggunakan simpel akan menghilangkan kutil dari tubuh anda. Melainkan diperlukan ketika buat menghilangkan kutil tadi berasal tubuh anda.

Sumber : http://berkatsehat.com/4-cara-menghilangkan-kutil-di-leher-dan-tangan-secara-alami/